Beranda » Pers Released » BURUH

BURUH

Popuri

My Popularity (by popuri.us)

Arsip

Kategori Tulisan

Kalender

Januari 2011
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pimpinan Tingkat Perusahaan
Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek

Srikandi Siliwangi


PT. Siliwangi Knitting Factory Ltd.

Alamat : Jln. Petak Buntek No. 85 A / 93 Bandengan Jakarta Utara
No Pencatatan Serikat : 922/III/S/III/2010

PERNYATAAN SIKAP
“Lawan Kezaliman Penguasaha”

Telah kita ketahui bersama bahwa buruh adalah tulang punggung perekonomian dunia, tanpa buruh tidak ada barang yang dihasilkan, tanpa buruh tidak ada hasil produksi yang mempunyai nilai jual dan tentunya tanpa kerja buruh perusahaan bisa mandeg proses produksinya yang itu secara luas dapat pula menyebabkan menurunnya atau bahkan menyebabkan krisis perekonomian di sebuah negara bahkan dunia. Akan tetapi apa yang terjadi sekarang? Kerja keras yang dikeluarkan oleh buruh tidak pernah dihargai.

PT Siliwangi Knitting Factory Ltd adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1951, perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi kaos kaki. Setelah bertahun-tahun perusahaan ini berproduksi kaos kaki selama itu pula perusahaan ini semakin lama semakin bertambah besar. Jumlah pekerja/buruh di perusahaan saat ini sekitar kurang lebih 200 orang,dengan masa kerja paling lama 45 tahun dan paling muda masa kerjanya antara 2 sampai 3 tahun dan perusahaan ini telah mengalami 3 kali pergantian kepemimpinan perusahaan, secara turun temurun.

Akan tetapi, hak-hak normative para pekerja/buruh sampai saat ini tidak pernah di berikan oleh pihak perusahaan/pengusaha secara sepenuh-penuhnya, hal itu dapat di buktikan dengan upah para pekerja/buruh yang sampai saat ini tidak sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku hanya sebesar 37.000/hari. Begitu pula dengan hak-hak para pekerja/buruh yang lain diluar hak akan upah, seperti: Jamsostek,Upah lembur, Hak cuti, pekerja kontrak, pensiun dan hak-hak pekerja yang lainnya.

Struktur upah serta mekanisme pengupahan yang ada di perusahaan ini sama sekali tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara ini, sebagian besar para pekerja/buruh masih mendapatkan upah di bawah upah minimum,walaupun masa kerja mereka sudah cukup lama. Begitu pula dengan hak kepesertaan Jamsostek,dimana sampai saat ini para pekerja/buruh tidak di ikut sertakan dalam program jamsostek oleh perusahaan/pengusaha.

Upah lembur pekerja/buruh juga tidak sesuai dengan perhitungan upah lembur yang ada dalam perundang-undangan. Penerapan tenaga kerja kontrakpun tidak sesuai dengan aturan yang ada. Banyak pekerja/buruh yang sudah memasuki usia pensiun tetapi tidak segera di pensiunkan oleh perusahaan/pengusaha.

Setelah berdirinya serikat pekerja di perusahaan maka para pekerja/buruh meminta untuk segera di adakannya perundingan guna perbaikan hak-hak normative yang belum di berikan oleh perusahaan/pengusaha.

Dari beberapa kali perundingan, perusahaan/pengusaha masih tetap tidak mau memberikan hak-hak para pekerja/buruhnya. Hingga pada tanggal 29 Desember 2010 terjadi perundingan untuk yang kesekian kalinya, dan pada saat perundingan sedang berlangsung perusahaan/pengusaha memberikan pernyataan bahwa perusahaan akan di tutup per tanggal 31 Desember 2010 dengan alasan perusahaan mengalami kerugian dan terlibat hutang, dan seluruh pekerja/buruh akan di PHK.

Kalau diteliti alasan penutupan perusahaan sungguh tidak masuk akal karena masih tetap menerima order, artinya masih melakukan proses produksi dan dalam kurun waktu selama 2 tahun kebelakang sama sekali tidak terjadi penurunan produksi, sehingga alasan penutupan perusahaan hanyalah alasan yang sengaja diada-adakan untuk menghindari kewajiban pada pekerja/buruh.

Atas dasar alasan penutupan perusahaan karena kerugian dan hutang perusahaan ingin melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara sepihak. Padahal dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pasal 164 ayat 1 alasan penutupan perusahaan tersebut harus dibuktikan dengan laporan keuangan 2 tahun terakhir yang telah di audit oleh akuntan public (UU No 13 Tahun 2003 pasal 164 ayat 2).

Selanjutnya dalam UU ketenaga kerjaan juga mengatur tentang mekanisme PHK karena penutupan perusahaan. Perusahaan wajib atau pengusaha diharuskan membayar semua hak-hak buruh seperti; pesangon (pasal 156 ayat 1), uang penghargaan masa kerja (pasal 156 ayat 2), uang penggantian hak (pasal 156 ayat 3). Maka tidak ada alasan apapun bagi pihak perusahaan/pengusaha untuk tidak membayarkan hak-hak pekerja/buruh.

Pada kenyataannya sampai pada tanggal 30 Desember 2010 pada saat terjadinya pemberhentian proses produksi perusahaan/pengusaha belum mau menemui pihak pekerja/buruh guna mengadakan perundingan untuk menyelesaikan persoalan tersebut dan sampai saat ini pun pengusaha belum memberikan hak-hak pekerja/buruh, seperti upah 1 minggu terakhir, upah gantungan, upah lembur dsb. Atas dasar itu bisa disimpulkan bahwa perusahaan atau pihak pengusaha tidak mempunyai itikad baik dan secara sengaja melanggar UU No. 13 tahun 2003.

Untuk itu kami dari serikat pekerja PTP-FPBJ PT.Siliwangi Knitting Factory Ltd dan didukung oleh ABM, KPOP, SMI dan PPI. Menuntut :
1. Menolak penutupan perusahaan, dengan alasan yang tidak bisa di pertanggungjawabkan. Kalaupun harus terjadi penutupan perusahaan, maka perusahaan/pengusaha wajib memberikan hak-hak pekerjanya terlebih dahulu sesuai dengan aturan perundang-undangan.
2. Pihak perusahaan/pengusaha harus segera menemui kami (pihak pekerja/buruh) guna mengadakan perundingan terkait masalah penutupan perusahaan.
3. Bayarkan segera upah mingguan/bulanan dan upah lemburan kami.

BURUH BERSATU,TAK BISA DI KALAHKAN……..!!!
BURUH BERKUASA,RAKYAT SEJAHTERA………..!!!

Jakarta, 31 Desember 2010

Fatonah
(Ketua PTP-FPBJ PT.Siliwangi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: