Beranda » Berita » MARSINAH

MARSINAH

Popuri

My Popularity (by popuri.us)

Arsip

Kategori Tulisan

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

MAJU-Jakarta. Sekitar 40an massa dari perwakilan beberapa organisasi FPBJ, KASBI, SMI, PRP, SBTPI dll yang tergabung dalam ABM (Aliansi Buruh Menggugat) melakukan aksi massa di bundaran Hotel Indonesia (HI) memperingati 16 tahun kematian pahlawan buruh perempuan MARSINAH.  Aksi dimulai  jam 16.00 WIB dengan berjalan mengelilingi bundaran HI dan mengambil posisi dipinggir bundaran dengan melakukan orasi dan membagi-bagikan selebaran. Dari beberapa orasi  mengingatkan bahwa kematian marsinah adalah salah satu kasus dari banyaknya kasus kekerasan terhadap kelas buruh oleh kekejaman rezim dalam meredam perlawanan rakyat (kelas buruh) dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.  Perjuangan Marsinah dan kawan-kawan buruh PT Catur Putera Perkasa (PT CPS) pada tahun 1993 yang menuntut kenaikkan upah pokok dari Rp. 1. 700 menjadi Rp 2.250 per hari dan menuntut kebebasan berserikat bagi kelas buruh.  Lebih lanjut dinyatakan bahwa kematian marsinah harus menjadi pelajaran dan inspirasi dari setiap perjuangan kelas buruh terutama buruh perempuan dalam menuntut hak-hak kelas buruh yang masih dirampas,dirampok oleh para borjuasi yang tidak pernah puas dengan kekayaan yang sudah dimilikinya dan kelas buruh harus terus berjuang untuk membawa kelas buruh menjadi kelas yang berkuasa karena tidak ada kesejahteraan bersama dibawah sistem kapitalisme hanya ada ketika buruh berkuasa rakyat sejahtera.

Besarnya nilai perjuangan dengan kesadaran, semangat dan keberanian marsinah maka ABM menuntut,pertama; negara harus mengangkat marsinah sebagai pahlawan nasional karena perjuangan marsinah lah rakyat pekerja mendapatkan jaminan untuk hak berserikat saat ini, kedua; hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing. Selesai berorasi massa aksi melanjutkan aksinya dengan long march menuju YLBHI untuk melanjutkan aksi dalam bentuk malam  kebudayaan dengan tema “MARSINAH MENGGUGAT” sebagai rangkaian dari peringatan 16 tahun kematian Marsinah.

Sekitar jam  19:30 WIB  malam kebudayaan pun dimulai dengan beberapa macam kegiatan testimony cerita pembunuhan Marsinah oleh salah satu anggota team pencari fakta, pembacaan pernyataan sikap oleh koordinator ABM-Sastro, music-music diisi oleh Kamerad Band, SMI, SPCI  dan ditutup dengan Teaterical monolog yang menceritakan kematian marsinah akibat siksaan tentara. Di malam kebudayaan tersebut juga menghadirkan salah satu budayawan yaitu si Jewo Tejo, dia mengisi acara kebudayaan dengan menyayikan lagu-lagu dan cukup menghidupkan suasana di malamkebudayaan tersebut.  Dalam malam kebudayaan “Marsinah Menggugat”  pada dasarnya selain mengingat perjuangan Marsinah juga mengajak semua kelas buruh untuk membangitkan dan memelihara semangat kelas buruh Indonesia khususnya buruh perempuan untuk terus melawan kapitalisme dan militerisme. Setelah menyayikan lagu internationale malam kebudayaan pun ditutup dan massa aksi membubarkan diri dengan tertib. (*****KS)

Iklan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: