Beranda » Berita » Pendidikan

Pendidikan

Popuri

My Popularity (by popuri.us)

Arsip

Kategori Tulisan

Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

IKIP Mataram bergejolak !

mahasiswa menuntut hak dilawan kekerasan

dokumtasi kekerasan terhadap mahasiswa

MAJU. Kita tentunya masih ingat peristiwa IKIP Mataram berdarah pada Agustus 2006 lalu yang meminta korban, salah satunya adalah M. Ridwan mahasiswa IKIP yang tewas dalam peristiwa tersebut karena di tusuk preman sewaan pihak birokrasi kampus.

Sabtu (17/01/09) sekitar 150 orang mahasiswa IKIP Mataram melakukan aksi masa didalam kampus dengan tuntutan demokratisasi kampus, perjelas status jurusan fisika, meminta dikti untuk menginvestigasi kinerja yayasan dan lembaga IKIP Mataram dan Audit keuangan yayasan dan lembaga. Masa aksi juga memasuki ruangan kuliah dan meminta kepada seluruh mahasiswa untuk boikot kuliah, para mahasiswa sepakat dan bergabung kebarisan masa aksi.

Menurut korlap aksi Ahmad,  setelah berorasi di taman, masa aksi berjalan menuju sekretariat IKIP di lantai II yang berhadapan dengan ruangan rektor. tepat di depan ruangan rektor, mereka di hadang dan dipukul oleh 9 orang satpam yang bersenjatakan kayu dan bambu, masa kocar kacir dan terpaksa mundur untuk merumuskan langkah selanjutnya. “kami tidak tahu apa sebabnya, tiba-tiba saja satpam memukul kami yang sedang berorasi di depan ruangan rektor. ” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, suasan kampus IKIP Mataram masih tegang, beberapa orang preman sewaan dan pihak kepolisian masih menjaga kampus.

Kekerasan tindak represif terhadap para demonstran kerap kali terjadi di Indonesia, kadang berujung pada kematian. Peristiwa Kematian mahasiswa IKIP Mataram yang sedang demonstrasi di kampus karena ditususk preman sewaan birokrasi kapus, Penembakan petani di Alas Tlogo, penyerangan kampus UMI oleh aparat di makassar, pemukulan masa aksi di jogja saat kenaikan BBM 2008 serat tindak kekerasan lainnya terhadap demonstran yang melakukan aksi masa menuntut hak-haknya.

Ada beberapa pola tindak kekerasan terhadap masa aksi yang dilakukan oleh negara, menggunakan aparatus resminya ( aparat keamanana ), menyewa preman, dan menggunakan kelompok sipil yang memang sengaja buat/dipiara oleh negara.

Iklan

1 Komentar

  1. munir berkata:

    Sudah saatnya qita wujudkan pendidikan yang demokratis kawan-kawan,mari kita solidkan barisan satukan tekad dan tetap semangat meneriakkan Tolak Kekerasan dalam dunia pendidikan…..
    Miris itulah kalimat yang terucap dari lidah saya ketika melihat video kawan-kawan kita di IKIP Mataram direpresif oleh satpam kampus,ketika kita menginginkan suatu produk pendidikan yang lebih baik tapi kekerasanlah yang kita dapatkan..inilah bukti bahwa dunia pendidikan di negeri ini sudah satnya kita gantikan dengan sistem pendidikan yang ilmiah, demokratis, dan bervisi kerakyatan…!!!!

    Mari kawan-kawan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: