Beranda » Pers Released » SIARAN PERS FPBJ PTP CV JAYA ABADI

SIARAN PERS FPBJ PTP CV JAYA ABADI

Popuri

My Popularity (by popuri.us)

Arsip

Kategori Tulisan

Kalender

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Federasi Perjuangan

Buruh Jabotabek

Pimpinan Tingkat Perusahaan

CV Jaya Abadi

JL. Pluit Muara Karang, Blok C No 9-12, Penjaringan- Jakarta Utara

============ ========= ========= ========= =========

Satu Fax Anda Dapat Menyelamatkan Masa Depan Anak Kami…..

Setelah melakukan aksi mogok kerja selama 3 hari (27-29 Agustus 2008), maka hari ini kami memutuskan untuk masuk kerja kembali, hari ini seharusnya kami melaporkan kasus kami ini ke mediasi disnaker. Rencana masuk kerja hari ini ternyata dihalang-halangi oleh pihak manajemen CV Jaya Abadi (produsen MARIE REGAL), khususnya manajer personalia, saudara henry. Manajer personalia memberikan syarat kepada kami yang akan masuk kerja untuk menandatangani terlebih dahulu surat pernyataan yang berisi:

  1. tidak akan melakukan mogok kerja lagi dengan alasan apapun
  2. tidak akan menolak perintah dari mandor
  3. tidak memakai kaos merah FPBJ
  4. bila melanggar maka akan di PHK tanpa pesangon

Surat pernyataan tersebut merupakan bentuk intimidasi dan balasan yang dilakukan oleh manajemen CV Jaya Abadi kepada kami, buruh CV Jaya Abadi. Intimidasi tersebut bukanlah hal yang pertama dilakukan kepada kami selama aksi mogok yang kami lakukan, intimidasi lain yang telah dilakukan adalah:

  1. terjadi pengusiran kepada pak karma (57 tahun) dari mes, pengusiran dilakukan oleh satpam atas perintah manajer personalia (henrik). Pak karma dan sekitar 20 pekerja laki2 selama sekitar 20 tahun telah tinggal di mes (bedeng)
  2. terjadi intimidasi terhadap pekerja yang mogok dengan perkataan ”mau tetap kerja atau masih mau ikut dengan yang mogok?”
  3. Saat gajian mingguan pada tanggal 29 agustus 2008, CV Jaya Abadi tidak mau membayarkan upah selama mogok (3 hari), menurut henrik kebijakan itu diambil atas saran petugas disnaker jakut.
  4. Terungkap dari beberapa orang staf perkataan ”aksi aja terus, besok juga dah gak kerja disini lagi”
  5. manajemen CV jaya abadi melakukan penambahan pekerja outsourcing (yayasan) selama proses mogok, sambil mengeluarkan ancaman bahwa yang mogok akan segera digantikan dengan pekerja yayasan.

Pada hari pertama mogok kerja, akhirnya manajemen mengatakan bahwa CV Jaya Abadi telah memiliki Peraturan Perusahaan yang masa berlakunya tahun 2007-2009 dan telah disahkan oleh disnaker provinsi DKI (stempel disnaker nya masih segar padahal sudah 1 tahun). Peraturan Perusahaan tersebut selama ini tidak pernah disosialisasikan kepada pekerja, tidak tersosialisasinya peraturan perusahaan ini merupakan kesengajaan pihak manajemen untuk menutupi kewajiban yang telah mereka dicantumkan dalam peraturan perusahaan tersebut seperti:

  1. Hak Pensiun bagi pekerja yang telah berumur 55 tahun, hingga saat ini ada pekerja yang telah berumur lebih dari 55 tahun tetapi tidak mendapatkan hak pensiunnya
  2. komponen upah menurut peraturan perusahaan tersebut seharusnya memasukkan komponen masa kerja, prestasi kerja, keluarga, transportasi dll, tetapi pada kenyataanya tidak pernah diberikan komponen upah yang disebutkan itu.

Jelaslah tindakan tidak mensosialisasikan Peraturan Perusahaan merupakan kesengajaan, menurut UU 13/2003 dan dalam Peraturan Perusahaan, manajemen seharusnya WAJIB Melakukan sosialisasi Peraturan Perusahaan.

Selama 3 hari mogok kerja yang kami lakukan, pihak manajemen tidak memiliki kehendak untuk berunding dengan kami, pihak manajemen hanya menunjukkan kesombongan saja.

Hari ini, senen, 01 September 2009, juga telah terjadi perundingan antara FPNJ dan pihak manajemen CV Jaya Abadi yang juga dihadiri oleh pegawai pengawasan disnaker jakarta utara, tetapi ternyata dalam pertemuan tersebut pegawai pengawasan tidak berdaya untuk menegakkan undang-undang, phak manajemen dengan sombongnya menolak merubah surat pernyataan yang harus ditanda-tangani kami. Pegawai pengawasan hanya dapat pulang tanpa mampu menindak, sungguh sebuah kejadian yang memalukan ditengah-tengah semboyan Penegakan Hukum yang dilantangkan oleh rejim ini selama ini.

Untuk itu kami mengharapkan dukungan kawan-kawan gerakan buruh/pekerja semua. Kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk:

  1. diperjelasnya struktur upah yang kami dapat (sesuai dengan peraturan perusahaan yang ada)
  2. dihapuskannya sistem kerja outsourcing (yayasan) di CV Jaya Abadi, dan pekerja yayasan yang telah bekerja lebih dari 3 bulan di CV Jaya Abadi agar diangkat menjadi pekerja/buruh TETAP.

Serta kami akan melakukan ”Pelaporan TINDAKAN KRIMINAL (perbuatan ancaman, pelarangan mogok, penggunaan pekerja yayasaan selama mogok, tindakan anti serikat buruh) yang telah dilakukan oleh manajer personalia CV Jaya Abadi, saudara HENRY, ke POLDA METRO JAYA, hari selasa 02 september 2008, pukul 10.00 Wib.

Dukungan kawan-kawan dengan mengirimkan fax (no: 021-6692970,) atau telp (no: 021-6692608 ), serta mengirimkan surat ke disnaker jakarta utara (bagian pengawasan).

Semoga dukungan kawan-kawan dapat meningkatkan semangat juang kami, dan juga dapat memajukan perjuangan gerakan buruh diIndonesia.

Jakarta, 01 September 2008

(Riyanti)

Ketua FPBJ PTP CV Jaya Abadi

Iklan

2 Komentar

  1. visitor berkata:

    terimakasih atas informasinya, saya pasti akan sering berkunjung kesitus ini lagi, salam..
    http://www.feeseetour.blogspot.com just call me VISITOR

  2. azmiritem berkata:

    saya dukung perjuangan kawan-kawan buruh. buruh pasti menang melawan orang-orang serakah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: