Beranda » Berita » Ratusan Ribu Supir Truk di Seluruh Dunia Protes Harga BBM

Ratusan Ribu Supir Truk di Seluruh Dunia Protes Harga BBM

Popuri

My Popularity (by popuri.us)

Arsip

Kategori Tulisan

Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Nov   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

REUTERS/Albert Gea

Rabu, 11 Juni 2008 14:03 WIB

BANGKOK–MI: Ratusan ribu supir truk di seluruh dunia hari ini serentak melakukan aksi protes atas semakin tingginya harga BBM. Selain para supir truk di kawasan Eropa, Amerika, Australia, supir truk di Asia juga melakukan protes.

Di Thailand, ribuan supir truk berdemonstrasi meminta pemerintah kerajaan Thailand untuk bisa menekan tingginya harga BBM. Dalam aksi setengah hari ini, para supir Thailand ini mengancam akan memblokir jalanan kota Bangkok pada pekan depan jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Aksi protes ini juga mengundang kekhawatiran akan adanya kudeta militer jika pemerintah tidak bisa mengendalikan situasi atas ancaman aksi blokir jalan para supir itu. Kudeta militer di Thaliand memang sering terjadi, terakhir pada masa PM Thaksin Shinawatra yang dinilai probisnis ketimbang masalah sosial dan politik dalam negeri.

“Jika pemerintah tidak memenuhi tuntutan kami hingga 17 Juni, kami akan memobilisasi seluruh truk di Thailand untuk memblokir jalanan,” ancam Thongyu Khongkan, sekjen Federasi Angkutan Darat Thailand, seperti dikutip Reuters. Para supir truk ini meminta potongan harga tiga bath Thailand (9 sen dolar AS) per liter minyak diesel selama enam bulan ke depan.

Di Eropa, aksi serupa terjadi di Madrid, Spanyol. Ribuan supir truk negeri matador itu juga melakukan protes tingginya harga BBM. Akibat mogoknya para supir ini, distribusi bahan pangan di Spanyol terganggu. Aksi serupa juga dilancarkan ribuan supir dari Portugis.

Untuk Asia, selain di Thailand, para supir truk Korea Selatan juga melancarkan seruan untuk menurunkan harga BBM, meski pemerintah Korsel menjanjikan memberi bantuan sebesar US$10,2 miliar untuk meningambngi dampak kenaikan harga minyak. (OL-2)

Iklan
%d blogger menyukai ini: